Pengumuman :

1. Blog baru.

2. Blog lama ilang.

3. Cari tugas di tag tugas.

4. Happy Blogging.

Fairy tail.

From fairest creatures we desire increase, that thereby beauty's rose might never die

Lucy

But as the riper should by time decease, his tender heir might bear his memory

Natsu

Within thine own bud buriest thy content and, tender churl, makest waste in niggarding

Erza Scarlet

Making a famine where abundance lies, thyself thy foe, to thy sweet self too cruel

Happy

Thou that art now the world's fresh ornament and only herald to the gaudy spring

Unknown On Sunday, March 24, 2013



Sebagai sebuah bahasa pemrograman, Java dapat membuat seluruh bentuk aplikasi, desktop, web dan lainnya, sebagaimana dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman konvensional yang lain. Java adalah bahasa pemrograman yang berorientasi obyek (OOP) dan dapat dijalankan pada berbagai platform sistem operasi. Perkembangan java tidak hanya terfokus pada satu sistem operasi, tetapi dikembangkan untuk berbagai sistem operasi dan bersifat open source. Selain itu java juga sebagai development environment. Sebagai sebuah peralatan pembangun, teknologi java menyediakan banyak tools : compiler, interpreter, penyusun dokumentasi, paket kelas dan sebagainya. Aplikasi dengan teknologi java secara umum adalah aplikasi serba guna yang dapat dijalankan pada seluruh mesin yang memiliki Java Runtime Environment (JRE). Sebagai Deployment Environment, java memiliki dua komponen. Yang pertama adalah JRE, yang terdapat pada paket J2SDK, mengandung kelas-kelas untuk semua paket teknologi Java yang meliputi kelas dasar dari Java, komponen GUI dan sebagainya. Komponen yang lain terdapat pada Web Browser. Hampir seluruh Web Browser komersial menyediakan interpreter dan runtime environment dari teknologi Java.
GUI adalah tipe antarmuka yang digunakan oleh pengguna untuk berinteraksi dengan sistem operasi melalui gambar-gambar grafik, ikon, menu, dan menggunakan perangkat penunjuk (pointing device) seperti mouse atau track ball. Elemen-elemen utama dari GUI bisa diringkas dalam konsep WIMP (window, icon, menu, pointing device).
Satu hal yang sangat menarik dari bahasa pemrograman java adalah tampilan output dari programnya. Dengan kata lain, bahasa Java dilengkapi dengan fasilitas GUI.
Apa itu GUI? Mungkin anda pernah melihat gambar pada output dari sebuah program Java? Fasilitas GUI inilah yang memungkinkan untuk memainkan warna, maupun gambar. GUI (Graphical User Interface) memungkinkan user untuk berinteraksi dengan komputer secara lebih baik. Pengguna berinteraksi dengan berbagai elemen grafis. Yang diantaranya : Button, Dialog Box, Menu, dsb.

REFRENSI :
http://poss.ipb.ac.id/files/JENI-Intro1-Bab02-Pengenalan Bahasa JAVA.pdf
http://daigo-college.blogspot.com/2009/02/pengantar-java.html
http://rumahtutorial.blogspot.com/2008/11/tutorial-java-programing.html
http://www.freewebs.com/tekomitn/Materi/PBO/Basic%20GUI.ppt

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments